Kehebatan yang dimiliki Rayap

Kehebatan yang dimiliki Rayap

Rayap merupakan serangga yang kecil dan mirip dengan semut, rayap merupakan serangga yang buta tetapi mampu membuat sesuatu yang hebat, percaya atu tidak serangga mungil ini mampu menciptakan koloni nya sendiri.

kehebatan rayap


Awal terbentuknya kerajaan rayap
kita biasanya sering menjumpai laron atau silaru ( dalam bahasa sunda ) berterbangan di sore hari, biasanya laron akan muncul di pemusim hujan, ketika hari mulai gelap biasanya laron - laron berterbangan mengitari cahaya..nah disini merupakan awal cerita terbentuknya kerajaan rayap..untuk laron atau silaru yang sudah terlepas sayapnya itu menandakan bahwa calon raja dan ratu rayap siap untuk kawin...mungkin kita pernah menjumpai laron yang berjalan jalan berderetan atau berjajar, disitulah awal perkawinan dimulai.

Setelah poses perkawinan terjadi, pada awalnya setiap pekerjaan mulai dari mencari makan dan membuat sarang mereka lakukan dengan sendiri, ketika telur telur sudah menetas, maka tugas tugas yang pada awalnya mereka lakukan kini diambil aluh oleh anak - anak mereka yang disebut dengan rayap, setiap rayap akan menetas dan memiliki ciri fisik yang berbeda. setiap rayap akan menjalankan tugas dan funsginya masing - masing. ada yang bertugas menjaga ratu rayap, bercocok tanam, menjadi tentara dan bekerja untuk membangun dan memperbaiki sarang. setelah semua berjalan dengan tugas dan fungsinya masing -masing, ratu rayap akan mulai bereproduksi, dalam satu hari bisa menghasilkan 18ribu telur, ratu rayap akan mampu bertahan hingga 20 tahun untuk terus bereproduksi.

kehebatan ratu rayap

Ratu rayap akan dirawat oleh anak anak mereka, setiap anak rayap sebenarnya memiliki alat kelamin yang tumbuh dengan tidak sempurna sehingga rayap tersebut mandul dan bertugas untuk terus melayani sang ratu hingga akhir hayatnya. rayap rayap yang mandul ini sebenarnya terlahir sebagai telur hemafrodit, telur hemafrodit ini merupakan telur yang menetas tanpa dibuahi oleh sperma sang jantan, sehingga mereka terlahir menjadi anak rayap yang manul, tetapi selain itu juga sang ratu memiliki kebijakan lain, ketika si ratu rayap merasa perlu untuk meneruskan generasinya maka si induk rayap akan menyelesi anaknya, setiap anak yang menyuapi si ratu akan dipilih dan diberikan zat hormon feromon primer, zat ini bertujuan agar pertumbuhan alat kelamin anak anaknya tergangu, tetapi ada yang tidak diberikan hormon tersebut dan yang tidak diberikan hormon tersebut merupakan calon calon ratu dan raja rayap dikemudian hari.

Arsitek karya rayap
nah untuk mengetahui bagaimana rayap membangun dan mampu bertahan hidup disini akan dijelaskan bagaimana cara rayap membangun sebuah kerajaan( istana) 
Di dalam sarang ini terdapat sistem-sistem canggih untuk memenuhi seluruh kebutuhan rayap yang tidak boleh terkena sinar matahari karena struktur tubuhnya. Di dalamnya ada sistem ventilasi, saluran-saluran, ruang larva, koridor-koridor, ladang pembuatan jamur khusus, pintu ke-luar darurat, ruang untuk musim panas dan musim dingin. Singkatnya, semua ada. Yang lebih menakjubkan lagi, rayap yang membangun sarang ajaib ini ternyata buta.

kehebatan sarang rayap

Meskipun buta, rayap berhasil mengerjakan proyek arsitektural yang berukuran lebih dari 300 kali ukuran tubuhnya. Ada karakteristik lain yang menakjubkan: jika sebuah sarang rayap kita bagi menjadi dua pada tahap awal konstruksinya, dan kemudian menyatukannya kembali setelah beberapa saat, akan kita lihat bahwa semua lorong, saluran dan jalannya menyambung kembali. Rayap meneruskan pekerjaan seolah-seolah tidak pernah terjadi pemisahan. Bila sarang mereka rusak karena alam ataupun karena ulah manusia, mereka akan bisa memperbaikinya dengan cepat.

dan untuk masalah keamanan, rayap akan menempatkan sekelompok rayap tentara (penjaga),yang memiliki bentuk kepala besar yang dilengkapi dengan capit besar. Mereka akan memeriksa apapun yang masuk dan menyerang bila itu merupakan penyusup yang berbahaya. Ratu rayap berada pada suatu kamar khusus jauh dibawah tanah (biasanya sekitar kurang lebih 1 meter kebawah), sehingga cukup aman dari sinar matahari dan predator di atas tanah. Bahkan semutpun tidak bisa masuk kedalam sarang rayap.

Hebat bukan setiap makhluk yang Tuhan ciptakan akan memberikan manfaat atau pelajaran untuk kita, hal tersebut tergantung bagaimana cara kita memandangnya. 
Semoga bermanfaat