Serangga Pembawa Penyakit Berbahaya salah satunya AIDS

Serangga Pembawa Penyakit Berbahaya salah satunya AIDS

Ribuan jenis serangga dari jaman purba sampai sekarang terus berevolusi, ada yang bermanfaat bagi manusia ataupun sebaliknya, seperti lebah, kupu - kupu, semut sebagian dapat membatu manusia secara langsung ataupun tidak langsung.


pada kesempatan ini saya akan membagikan beberapa informasi mengenai hal- hal yang seharusnya kita waspadai dari serangga..berikut informasinya :

1. Kecoa
serangga pembawa penyakit berbahaya

Kecoa berupakan serangga yang banyak orang tidak menyukai akan kehadirannya, hewan yang senang tinggal di tempat yang kotor, lembab dan gelap ini mampu berkembang biak dengan pesat, tetapi siapa sangka ternyata kecoa mampu menyebabkan penyakit asma, menurut para dokter kecoa turut memicu meningkatnya penyakit asma.

2. Kepik ( Kumbang Barber)

serangga pembawa penyakit berbahaya

kumbang Barber merupakan salah satu serangga yang berukuran kecil, serangga ini membawa parasit T.cruzi yang menjadi penyebab penyakit chagas, penyakit chagas ini mirip dengan AIDS, sulit untuk dideteksi dan diobati. saat kumbang ini menghisap darah biasanya orang yang terhisap darahnya akan merasakan gatal dan biasnya menggaruk, nah pada saat ini parasit masuk pada luka dan mengalir pada aliran darah. Setalah 1 - 2 minggu akan mengalami demam tinggi dan mengalami bengkak pada tubuh yang terinfeksi. parasit ini akan hidup pada tubuh mampu bertahan hingga 20 tahun dalam tubuh manusia tanpa menunjukan terjadinya gejala penyakit, tetapi dapat secara tiba - tiba mengalami gangguan infeksi otak dan gangguan saraf, luka pada saluran pencernaan, dan gagal jantung yang mengakibatkan kematian.

3. Kutu

serangga paling berbahaya pembawa penyakit berbahaya

Kutu sering kali dijadikan inang oleh cacing pita, ensefalitis, tularemia, bahkan pes yang umum dikaitkan dengan keberadaan penyakit sampar hitam dan menewaskan ⅓ penduduk Eropa. Salah satu yang jenis kutu adalah caplak yang berkembang di negara beriklim sedang yang membawa penyakit Lyme yang melemahkan penderitanya. Penyebaran caplak dapat berkembang seiring dengan migrasinya sekawanan burung.
sumber : www.deherba.com

4. Lalat
serangga pembawa penyakit

Lalat rumah merupakan kapal induk yang menyimpan jutaan armada berupa mikroorganisme penyebab penyakit pada kaki mereka. Ya, tentu saja ini dimungkinkan karena mereka sering hinggap di tempat kotor termasuk tinja, lalu menjajah makanan atau minuman. tidak jarang anak - anak yang jajan sembarangan mengalami sakit perut.
Itulah cara ampuh mereka dalam melumpuhkan manusia, sehingga berkembanglah penyakit tifoid, disentri, kolera, bahkan trakoma—penyebab kebutaan karena terlukanya kornea atau lapisan bening mata yang berada di depan iris dan menimpa 500.000.000 di seluruh dunia.

Adapula jenis lalat lainnya yang turut menyebarkan penyakit, misalnya: Lalat tsetse yang menjadi sarana penularan protozoa penyebab gangguan tidur. Lalat hitam yang merupakan penyebab terjadinya kebutaan sungai pada 400.000 penduduk Afrika. Lalat pasir yang mengakibatkan leismaniasis—sekumpulan penyakit yang menyebabkan kelumpuhan, bersifat merusak, dan berakibat fatal.sumber  www.deherba.com

5. Nyamuk
serangga berbahaya pembawa penyakit

Semua orang sudah tau kalau nyamuk adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit malaria, demam berdarah.demam kuning bahkan kaki gajah.
serangga ini patut diwaspadai dengan lingkungan rumah kita agar tetap bersih dan menghindari genangan air. 

berikutlah beberapa serangga pembawa penyakit berbahaya, kita sebaiknya mengetahui beberapa serangga yang harus diwaspadai agar kita dapat terselamatkan dari bahaya yang selalu mengintai kita.
cintailah kebersihan lingkungan dan lindungilah keluarga tercinta kita...semoga bermanfaat ^-^