Mengenal Kelinci Siap Kawin atau Birahi

Mengenal Kelinci Siap Kawin atau Birahi

Untuk kita yang yang masih newbie atau baru dalam mencoba berternak kelinci biasanya akan merasakan kesulitan dalam mencoba mengawinkan kelinci yang kita miliki, kendala yang sering terjadi yaitu biasanya kita sudah merasa kelinci siap kawin dan setelah dikawinkan kelnci malah berkelahi dan yang bila dibiarkan akan berdampak pada kelinci betina menjadi stres. ataupun mungkin setelah kita kawinkan dan kita tunggu masa kelahiran ternyata hasilnya nihil.

mengenal kelini betina siap kawin dan birahi


 Hal yang umum menjadi kendala ketika mencoba mengawinkan kelinci yaitu kelinci betina yang sebenarnya kita belum tau apakah kelinci tersebut sudah birahi atau belum.
berikut ini cara mengetahui kelinci betina milik kita sudah siap kawin /sudah birahi atau belum.


Hal paling mendasar
Pastikan kelinci betina yang kita miliki apakah sudah cukup umur..hal tersebut sangat penting karena bila belum cukup umur kemungkinan besar bila dikawinkan maka kelinci akan diserang oleh pejantan sedangkan kelinci betina pastinya akan menolak dengan terus menghindar, hal paling buruk biasanya kelinci betina akan digigit oleh kelinci jantan dipaksa untuk melayani napsu sang kelinci jantan ( pemerkosaan deh kayaknya...hehehhehe)
Usia rata - rata kelinci siap kawin yaitu usia 5,5 bulan, tetapi hal tersebut juga harus kita pantau jangan sampai terjadi adegan pemerkosaan seperti hal yang dijabarkan tadi..hehehehe...bila kelinci masih menolak coba kembali di usia 6.5 bulan, insyaalloh usia tersebut sudah masa - masa siap kawin.

Ciri ciri kerlinci betina birahi  atau siap kawin :
1.Kelinci nampak galau/ gelisah
 Kelinci tampak tidak tenang atau gelisah, bila kita melihat kelinci betina milik kita terasa gelisah atau mondar mandir ga jelas kemungkinan kelinci kita sudah siap atau mau dikawinkan.

2. Berusaha mendekati lawan jenis
Bila kelinci betina posisi kandang didekatkan dengan kandang pejantan dan kelinci betina seperti ingin bergabung dengan kelinci jantan kemungkinan besar kelinci kita sudah siap kawin

3.Suka menggosok gosokan dagu
Pernahkah kita melihat kelinci betina kita sering menggosokan dagu mereka pada suatu benda, bila kita yang tidak tahu biasanya kita menyangka bahwa kelinci nampak gatal, dan ternyataan perkiraan saya itu salah, setelah browsing sana sini, tanya sana sini ternyata kelinci kita sudah siap kawin.

4.Vulva berwarna merah / merah jambu dan basah
Kita bisa melihat vulva ( terletak dekan dengan dubur kelinci) bila berwarna merah atau merah jambu berarti kelinci sudah siap untuk dikawinkan, tetapi bila vulvanya masih berwarna pucat, jangan dikawinkan ya..nanti akibatnya bisa seperti kejadian diatas tadi...yaitu pemerkosaan dibawah umur..heheheheh...
kelinci birahi

5.Kelinci menungging bila di elus -elus
Bila kita coba kelinci kita usap atau kita elus sampe belakang biasanya kelinci akan menungging dengan mengangkat ekornya...hal tersebut menandakan bahwa kelinci betina kita sudah siap kawin dan birahi..

demikian ciri - ciri atau mengenal kelinci yang siap kawin atau birahi, semoga untuk kita para peternak newbie bermanfaat dan dapat mengawinkan kelinci sesuai dengan umur dan kelayakan birahinya...agar menghasilan kualitas dan meningkatkan populasi kelinci yang kita miliki...selamat mencoba dan semoga sukses....