Ciri Fisik Kelinci yang Sehat

Ciri Fisik Kelinci yang Sehat

Untuk kita yang masih newbie ketika ingin membeli kelinci biasanya selalu terkecoh dengan kelucuan dan bulu yang lucu, terlebih bila melihat kelinci gondrong mondar mandir meminta makanan selalu bertingkah menggemaskan, biasanya ketika kita membeli dan kita bawa pulang ternyata kelinci tersebut jarak 1 sampai 3 hari tiba tiba murung dan tidak se aktif sewaktu kita membelinya...hal dasar yang hanya kita perhatikan biasanya asalkan kelihatan bersih dan lincah. memang benar hal tersebut perlu diperhatikan namun alangkah lebih baiknya kitapun yang newbie agar lebih tahu ciri fisik kelinci yang sehat agar setelah kita beli kelinci kita tetap aktif dan mampu bertahan hidup lama...
Ciri fisik kelinci yang sehat

 Berikut ini hal yang biasanya kita lewatkan dan sebaiknya kita perhatikan sebelum membeli kelinci 

  1. Sorot mata jernih dan tajam serta selaput matanya bersih. biasanya kelinci gondrong seperti kelinci angora yang berbulu lebat matanya tidak jarang tertutup oleh bulu yang lebat, sehingga banyak yang tidak terlihat matanya, sebelum membeli kita periksa terlebih dahulu apakah matanya seperti hal yang saya sebut diatas tadi? kalau misalkan ternyata kelinci belekan, atau tidak seperti hal yang saya sebut diatas tadi sebaiknya anda memilih kelinci yang lain.
  2. Memiliki gigi kuat, gigi kelinci yang kuat akan sangat berpengaruh terutama gigi yang normal dan perhatikan apakah gigi kelinci tersebut mengalami MALOCCLUSION, hal tersebut akan berpengaruh pada nafsu makan kelinci yang tidak terganggu dengan adanya gangguan pada pertumbuhan gigi kelinci.
  3. Hidung kelinci tidak berair atau lembab, hal tersebut menandakan bahwa kelinci tidak sedang sakit atau terkadang kelinci suka bersin - bersin..kemungkinan besar kelinci akan mengalami kekurangan nafsu makannya.
  4. Telinga yang tegak ( terkecuali untuk jenis kelinci yang memiliki karakter telinganya turun), telinga yang tegal menandakan kelinci yang sehat, pilih yang meimliki kedua telinga tegap, bila melihat kelinci yang memiliki telinganya tegap sebelah, sebaiknya jangan dipilih, dikhawatirkan kelinci tersebut sudah mengalami kerusakan pada otot telinganya dan mesti diperhatikan cara mengangkat kelinci yang berpengaruh besar pada pertumbuhan kelinci.
  5. Bentuk kaki yang tegap, hal tersebut dapat dilihat ketika kelinci sedang berdiri, kita bisa melihat kelinci berdiri dengan cara memancingnya dengan makanan, apabila kaki kelinci tegap hal tersebut menandakan bahwa kelinci sehat dan mampu bertahan hidup lebih lama.
  6. Berbulu licin serta tidak terasa ada gumpalan gumpalan ketika diraba, hal tersebut biasanya terjadi pada kelinci yang memiliki bulu gondrong, ketika kita meraba bulunya dan terasa kusut dan merasakan seperti ada benjolan benjolan hal tersebut menandakan bahwa kelinci tersebut kurang memperoleh perawatan, yang akan berdampak kelinci teresebut yang memngakibatkan kurang sehat, selain kurang enak dipandang hal tersebut juga menyiksa bagi si kelinci karena merasakan kurang bebas dalam bergerak, jadi kita juga harus memperhatikan cara merawat kelinci.
  7. Berdubur bersih, kering dan tidak ada tanda bekas diare, biasnya kelinci yang memiliki kotoran yang sehat berbentuk bulat, terkadang bila kelinci mengalami penyakit mencret atau diare selalu meninggalkan jejak pada dubur kelinci tersebut.
  8. Memiliki perawakan yang gemuk, hal tersebut sangat penting karena menandakan kelinci tersebut memiliki nafsu makan yang baik, 
  9. Kelinci aktif dan energik, hal tersebut menandakan bahwa organ dan fungsi ototnya berjalan dengan normal dan baik.
  10. Jangan pilih kelinci yang penakut, hal tersebut sangat berpengaruh karena kelinci yang penakut akan menyulitkan kita dalam melakukan perawatan, selain itu kelinci penakut juga sangat riskan terkena stres.
Berikut merupakan ciri fisik kelinci yang sehat, buat para newbie seperti saya memang perlu memperhatikan hal tersebut diatas, agar ketika kita membeli kelinci tidak mendapatkan kelinci yang kurang sehat dan cepat mati. semoga bermanfaat ^-^