Cara dan teknik Melatih Kelinci

Cara dan teknik Melatih Kelinci

Pandangan kita terhadap kelinci yang hanya bisa dipelihara dan dikurung didalam kandang saja, hal tersebut paling umum bagi pecinta kelinci yang hanya bisa memberimakan, membersihkan kandang bahkan hanya sesekali membiarkan kelinci berkeliaran diruangan yang tertutup. Siapa sangka ternyata kelinci bisa menjadi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

cara melatih kelinci buang kotoran

kelinci merupakan hewan pengerat yang cukup cerdas dan mampu beradaptasi dan berinteraksi secara sosial dengan lingkungan di sekitarnya terutama besama pemiliknya.
Di Amerika sendiri kelinci merupakan hewan "rumahaan" yang menjadi favorit ke tiga untuk dipelihara dan berkeliaran bebas seperti layaknya kucing dan anjing.


Tentunya hal tersebut tidak serta merta dibiarkan bebas tanpa adanya pelatihan dari simajikan, berikut ini cara - cara untuk  melatih kelinci 

Melatih Kelinci
Kelinci memiliki kebiasaan membuang kotoran hanya pada satu titik/ tempat yang sama, itu merupakan hal dasar yang mesti kita pahami terlebih dahulu, atau apakah kelinci bila hita hampiri akan mendekat kepada kita? jika ya, hal tersebut secara tidak langsung kelinci merasakan kenyamanan dan ikatan batin terhadap si pemiliknya.Dengan adanya kedekatan si pemilik dengan kelinc, si kelinci akan mempercayai si pemilik dan akan mudah untuk dilatih

Melatih Kelinci agar datang saat dipanggil
Untuk mempelajari agar kelinci kita dapat menghampiri kita ketika dipanggil yang pertama yang harus anda lakukan yaitu berilah nama pada si kelinci

Berilah nama kelinci anda dengan nama yang "lebih keras", sperti nama "Jack" pengucapan nama tersebut terdengar lebih keras. pemberian nama yang " lebih keras " sangat diperlukan dan sangat penting karena kelinci akan mudah untuk memahami bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan untuk dirinya. 
Biasakan ketika anda sedang ingin memberi makan sambil menyebutkan namanya, atau ketika anda sedang mengajaknya bermain main di luar kandang sebut namanya, latih lah secara rutin agar kelinci anda memahami bahwa panggilan tersebut dianggap oleh kelinci merupakan panggilan untuk dirinya. Ketika setiap kali melatih kelinci maka berilah pujian dan elusan pada kelinci agar kelinci merasa nyaman dan diperhatikan. Hal tersebut juga akan membantu kita ketika bilamana kelinci kita lepas atau hilang cukup dipanggilkan namanya maka kelinci akan menghampiri seolah hal tersebut sudah terbiasa untuk memanggil kelinci tersebut.

Melatih Kelinci Buang air Pada Tempatnya
Kotoran kelinci memang terkadang sulit untuk diatur, banyak orang yang tidak tahu bahwa kelinci bisa diajari buang air pada tempatnya, sama seperti kucing. Kotak pasir kucing cocok untuk kelinci. Pispot rumah sakit baik digunakan untuk jenis kelinci yang lebih kecil. Anda dapat membeli kotak pasir hewan peliharaan di pet shop atau swalayan besar. Untuk isinya, anda dapat menggunakan cat litter, serutan kayu hamster, pasir, atau rumput sebagai alas kotak pasir kelinci anda. Namun, yang terbaik adalah rumput, karena kelinci suka merumput sambil buang air. Selain itu, rumput mudah didapat dan harganya murah. 

Kurungan dan pengawasan adalah kunci untuk melatih kelinci untuk menggunakan kotak pasir. Jika si kelinci diperbolehkan untuk buang air semaunya dari awal, akan lebih sulit untuk melatih kelinci sementara umurnya bertambah.Pertama-tama, tempatkan kelinci di kandang kecil dengan sebuah kotak pasir yang sudah diberi isi.

Tempatkan kotak pasir di dalam kandang di ujung belakang yang telah dipilih si kelinci untuk buang air (kelinci akan memilih salah satu sudut kandang untuk buang air). Kelinci anda bisa saja langsung menggunakan kotak pasirnya, atau malah memilih sudut yang lain sebagai toilet. Jika kelinci anda mulai melakukan hal ini, pindahkan kotak pasir ke daerah yang dipilih kelinci, atau untuk lebih baik tambahkan satu kotak pasir lagi sehingga kedua sudut tertutup. Ketika si kelinci telah terbiasa menggunakan kotak pasir di kandang, biarkan dia keluar dari kandang dalam area yang kecil. Biarkan pintu kandang terbuka dengan kotak pasir di kandang dimana kotak pasir akan diletakkan di kemudian hari.

Kecelakaan akan terjadi, dan anda tidak bisa  menghukum kelinci. Jika anda menemukan si kelinci sedang pipis, angkat dia dengan tenang dan lembut dan tempatkan dia di kotak pasir secepatnya. Jika anda tidak menemukan si kelinci, bersihkan sisa buang airnya dan perhatikan kelinci anda dengan lebih ketat lain kali. Kuncinya adalah: menempatkan si kelinci ke kotak pasir sebelum dia sempat buang air. Menempatkan si kelinci ke kotak pasir setiap 10-15 menit sekali selama waktu bermain juga dapat membantu.

Kelinci anda akan segera belajar untuk menggunakan kotak pasir dan anda dapat menambah jumlah waktu bermain dan menambah area yang dapat diakses kelinci. Anda mungkin perlu menambah lebih banyak kotak pasir ketika anda mengijinkan si kelinci mengakses tempat yang lebih luas. Jika kelinci anda memilih satu tempat dalam suatu ruangan (biasanya di ujung ruangan) untuk buang air berulang kali, pertimbangkan untuk menempatkan satu kotak pasir di tempat itu.

Membuat rutinitas dengan kelinci anda juga akan membantu. Suatu saat kemampuan kelinci untuk belajar menggunakan kotak pasir akan berkurang. Mulailah segera dari kandang dengan kotak pasir kembali, dan proses belajar akan lebih cepat kali ini. 
dikutip dari : kelinci3rabbitry.blogspot.co.id

Melatih Kelinci untuk duduk dan berdiri
kelinci biasanya sering melakukan aktifitas duduk, duduk adalah sikap yang normal bagi kelinci. Artinya, anda dapat mengajarkan hal ini dengan mudah pada kelinci anda untuk duduk saat disuruh, atau setidaknya untuk hadiah cemilan. Pegang sepotong kecil cemilan di depan kelinci anda dan ketika si kelinci melihat atau mencium cemilan itu, angkat cemilan tersebut pelan-pelan sehingga si kelinci harus mengangkat kepala dan badannya dari lantai untuk mendapatkan cemilan itu. Gunakan sebuah kata seperti "duduk" atau "sit down" atau "sit pretty" ketika menggerakkan cemilan tersebut pelan-pelan ke atas. Segera setelah si kelinci "duduk" berikan pujian dan cemilannya. Setelah beberapa sesi biarkan si kelinci menunggu sebentar dalam posisi duduk sebelum memberikan  cemilan. Selalu gunakan kata-kata perintah yang sama selama latihan dan setelah hal-ini dipelajari, agar si kelinci dapat belajar untuk duduk saat disuruh.

Berdiri juga sikap normal kelinci. Cara melatihnya sama seperti melatih waktu duduk. Berikan kata-kata yang berbeda untuk menyuruh kelinci berdiri. Misalanya "stand up" atau "up", dll. Selain itu, tawarkan cemilan pada kelinci sampai dia berdiri tegak, baru berikan cemilannya.


Biasanya, latihan akan memakan waktu 2 minggu - 1 bulan agar si kelinci bisa disuruh duduk/berdiri tanpa diberikan cemilan lagi, dengan catatan si kelinci dilatih untuk melakukan hal ini minimal 3x sehari. 

Berikut itu cara dasar untuk melatih kelinci yang kita sayangi, lakukan hal tersebut secara rutin, jangan menyerah dan terus lakukan. karena dengan kerjakeras yang kita lakukan pasti akan membuahkan hasil. semoga bermanfaat