Manfaat dari Memiliki Hewan Peliharaan

Manfaat dari Memiliki Hewan Peliharaan

sahabat manusia
sebagian orang akan sangat senang bila memiliki hewan peliharaan, baik dari jenis hewan peliharaan yang lucu lucu hingga hewan peliharaan yang tidak umum dipelihara. hewan peliharaan merupakan salah satu cara untuk berbagi emosional. mungkin sebagian orang akan menganggap tidak memerlukan hewan peliharaan karena takut penyakit yang ditularkan, karena bau, karena jorok dll. namun bila dilihat disisi lain ternyata memiliki hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat yang mungkin secara langsung tidak kita ketahui, mari kita simak beberapa manfaat dari memiliki hewan peliharaan seperti pada kutipan dari www.fimela.com dibawah ini :



Menurunkan Risiko Penyakit

Memang banyak yang bilang, bahwa binatang berbulu yang sering dijadikan peliharaan, seperti anjing dan kucing, misalnya, adalah teman manusia. Dan beberapa penelitian menunjukkan, bahwa kedekatan manusia dengan hewan berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan kemampuan manusia untuk menyembuhkan diri lebih cepat secara psikologis.


Teman Berolahraga

Nah, inilah salah satu keuntungan besar kalau kamu mempunyai anjing di rumah: kamu bisa sekalian berolahraga ketika mengajaknya bermain. Menurut para ahli, aktivitas fisik pemelihara anjing adalah 57-77% lebih banyak dibanding yang bukan pemelihara anjing. Ini artinya, jantungmu akan bekerja lebih aktif dan lebih sehat dengan bermain bersama si guk-guk. Kerja jantung yang baik juga semakin memperkecil risikomu terhadap penyakit berat lain, seperti obesitas, osteoporosis, diabetes tipe dua, dan hipertensi. Jadi, hewan peliharaanmu juga dapat menjadi obat yang efektif.

Obat Hati dan Pelepas Stres

Ternyata, kedekatan hubungan manusia dan hewan juga merangsang pelepasan hormon oksitosin pada otak, hal yang sama yang juga terjadi dalam hubungan antara ibu dan bayinya. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan, yang berfungsi mengeluarkan kortisol atau hormon pelepas stres. Stres dapat memengaruhi sistem imun tubuhmu, yang kemudian membuatmu lebih rentan terhadap penyakit infeksi, seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Kalau kamu bebas stres, harapan hidupmu sudah pasti lebih lama.

Animal therapy juga berbanding lurus dengan kondisi mental manusia yang lebih baik. Drh. Puput, yang memiliki sebuah klinik hewan di daerah Kemang Pratama, Bekasi, mengatakan, bahwa hewan peliharaan dapat membantu membangun rasa empati pada anak-anak, mengatasi depresi ringan, dan mempercepat penyembuhan pada beberapa kasus kelainan mental. Beberapa penelitian di luar negeri juga sudah membuktikan hal ini. Itu sebabnya, mengapa Michelle dan anggota keluarga Obama yang lain sangat menyayangi Bo, karena mereka menganggap anjing itu memberikan banyak manfaat positif bagi mereka.

Interaksi sosial

Berdasarkan penelitian, anak dengan autisme juga dapat berinteraksi dengan lebih baik jika ada hewan piaraan di sekitar mereka.  Memiara hewan piaraan juga dapat membuat Anda lebih berpeluang memiliki hubungan sosial baru, terutama dengan sesama orang yang menggemari hewan yang sama. Interaksi ini dapat dilakukan oleh siapa pun, baik jika Anda sedang terbaring sakit, melalui jaringan internet, maupun ketika Anda sedang berolahraga sambil membawa hewan piaraan. Jalinan pertemanan dan dukungan sosial yang kuat akan membuat Anda lebih sehat sebagai seorang individu.

Tidak ada salahnya bila kta mulai mencoba memelihara hewan peliharaan, walaupun terkadang akan merepotkan tetapi ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu diri kita sendiri dalam meningkatkan produktifitas.semoga dengan kutipan diatas dapat bermanfaat.