Waspada Pertumbuhan gigi kelinci yang tidak normal / Malocclusion

Waspada Pertumbuhan gigi kelinci yang tidak normal  Malocclusion


Kelinci memiliki struktur gigi seperti hewan pengerat, yaitu memiliki gigi seri (atas dan bawah) yang cukup panjang untuk mengerat, dan memotong makanan. Manajemen pakan yang tidak tepat menyebabkan gigi seri tumbuh memanjang. Sedangkan pemberian pakan yang tepat membuat gigi seri kelinci selalu terasah saat makan, sehingga giginya tidak tumbuh memanjang, rapi dan tajam.


Pertumbuhan gigi seri yang berlebihan mengakibatkan kesulitan makan, gangguan nutrisi, gangguan pertumbuhan atau bahkan dapat melukai bibir atau mulut. Jika hal ini dibiarkan dapat mengakibatkan kelainan bentuk mulut, rahang dan muka, gizi buruk, luka dan infeksi daerah mulut bahkan kematian.
Penanganannya memang harus dilakukan pemotongan gigi seri yang tumbuh memanjang. Untuk pemotongan ini harus dilakukan oleh dokter hewan, dengan memberikan bius total terhadap kelinci.



Malocclusion adalah nama keren dari gigi yang tidak tumbuh sejajar. Pada kelinci jika gigi tumbuh tidak sejajar antara atas dan bawah maka proses pengikisan gigi akan tidak sempurna dan akan teus tumbuh. Pada kasus yan parah, malocclusion dapat menyebabkan infeksi rahang dan kehilangan berat badan karena sulit untuk makan.

Penyebab Malocclusion
Malocclusion dapat disebabkan karena keturunan atau terbentuk sendiri.

Malocclusion dari keturunan biasanya terdapat pada kelinci dwarf. karena kecilnya tulang tengkorak mereka, maka susunan gigi dapat tumbuh tidak sempurna.

Malocclusion yang terbentuk diakibatkan karena mengalami kecelakaan kecil atau seringnya kelinci menarik-narik kawat kandang sehingga susunan gigi menjadi rusak.

susunan gigi



Gejala Malocclusion



  • Abcesses di mulut atau rahang
  • Ngiler, ini bisa berlanjut kepada dermatitis pada leher dan dagu sehingga menyebabkan bulu rontok (lihat artikel Bulu Rontok Pada Kelinci)
  • Pencabutan bulu
  • Pembengkakan rahang
  • Menggesek-gesekkan mulut
  • Penurunan berat badan
  • Malocclusion


Perawatan Malocclusion
Banyak memberikan serat dan sesuatu yang bisa kelinci kunyah. Karena gigi yang terlalu panjang akan merusak nafsu makan kelinci. beberapa breeder akan mengebiri kelinci yang mengalamai malocclusion karena dikhawatirkan akan menurunkannya kepada anak-anaknya dan merusak keturunan selanjutnya.
Kelinci yang terkena malocclusion harus dirawat secara intensif dengan memotong gigi yang panjang secara berkala untuk menjaga kesehatan dan berat badannya.

sumber : komunitashobiiskelinci.wordpress.com