Memelihara Tupai Terbang Flying Squiller

Memelihara Tupai Terbang Flying Squiller


Memelihara tupai terbang (Flying Squiller) akhir akhir ini tupai terbang lokal (FS) baru menjadi peliharaan yang ngetrend. dimana Sugar Glider yang aslinya dari ostrali sana mahal harganya,bisa mencapai 500rb-800rb/ekornya.

Tupai terbang lokal(FS) bisa menjadi pilihan alternatif karena hanya dengan 100rb-150rb saja kita bisa memiliknya.


berikut tips bagi yang ingin memelihara tupai terbang:
1. Tupai tidak bisa terkena hawa dingin. Berikan tempat untuk dia tidur dengan kain2 sisa dan banyak, karena tupai tidurnya suka ngumpet di bawah kain, usahakan buat sehangat mungkin. Bila masih bayi/kecil lebih baik dipelihara dalam kandang kecil, agar malam bisa dibawa masuk rumah.

2. Biasanya yang dijual di pasar burung seumur 4-5 minggu.masih harus di berikan Susu. Berikan SUSU ESBILAC (susu anjing)atau SUSU KMR(susu kucing). Dan hanya susu esbilac yang kandungannya sama dengan susunya induk tupai. JANGAN BERIKAN SUSU SAPI ATAU SUSU YG KITA MINUM..."Dijamin tupainya mati"(hidupnya tapi gak lama). Dan cobalah memberi makanan yang halus2 dulu sampai seumur 6-7 minggu.
Pada saat memberikan makanan dan susu usahakan jangan sampai terkena hidung karena bila masuk hidung dapat menyebabkan PHENOMIA(radang paru) dan bila terkena phenomia bisa diditeksi dengan suara "KLIK" saat dia bernafas(bisa didengar saat tidur). Cepat berikan antibiotic atau bawa ke vet. karena biasanya umurnya gak panjang.

3. Jangan sampai Tupai dehidrasi. Kebanyakan penjual tupai bilang dikasi teh manis untuk minumnya. Sebenarnya Semakin manis,semakin tupainya dehidrasi. Jadi lebih baik diselingin air mineral saja.

4. Tupai juga suka menggangu pasangannya dengan mehisap2 pasangannya, terutama bagian hidung.perut, kaki, tangan, penis. Ini dikarenakan keinginan untuk menyusu pada induknya. Biasanya bagian yang dihisap mengalami merah dan kebotakan bulu. Cara menghindarinya dipisah sementara atau berikan makan yang banyak hingga tupainya kenyang dan cepet tidur.

5. Jemur tupai tiap pagi 20 menit agar mendapat VIT D. Agar tulangnya kuat. Karena sering ditemukan tupai mati karena gagal loncat, dikarenakan tulangnya tidak kuat.

6. Ini makanan yang bisa diberikan:
Fruits and veggies: grapes, cherries, apple, melon, tomato, avocado, butternut squash,papaya,broccoli,cucumber, corn on the cob,pear, spinach, mustard greens, carrot, carrot tops, raw soy bean, plum, banana, kiwi, mango, strawberry, strawberry tops, blackberry, raisin, pineapple, peach,Nuts and seeds: pine nuts, acorns, pine cones, sunflower seeds, peanuts, walnuts, pecans, hazelnuts; sun dried watermelon, cantaloupe, squash and pumpkin seeds, fresh rosemary, fresh lavender.

7.tupai terbang sangat rentan dengan diare,jika tupai sudah diare pasti akan malas makan dan minum.bisa menyebabkan kematian pada tupai tersebut.
hal ini bisa diobatin dengan memberikan sedikit saja obat diare yang ada di pasaran dicampur dengan air.

Saat ini tupai terbang (FS) menjadi salah satu hewan peliharaan yang menyenangkan karena karakteristiknya yang ramah dan merupakan hewan yang mempunyai rasa sosial yang tinggi serta suka dengan orang-orang disekitarnya. tupai terbang (FS) merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Hewan ini mempunyai persamaan analogi dengan sugar glider yaitu mata besar dan dadanya yang putih serta lembaran kulit mulai dari kaki sampai ketangannya. Dengan lembaran itulah tupai terbang(FS) dan melayang di udara dengan stabil ketika lompat dari tempat yang tinggi.
Namun ada juga perbedaannya antara tupai terbang (FS ) dengan sugar slider pada cara melahirkan dan memelihara anaknya. Sugar glider merupakan hewan mamalia marsupial seperti kanguru, sedangkan tupai terbang (FS) merupakan hewan mamalia placental. Yang artinya tupai terbang (FS ) sebagai mamalia placental adalah waktunya banyak dihabiskan dalam perut induknya, sehingga pemberian makan melalui plasenta sebelum dilahirkan. Sedangkan mamalia marsupial waktunya yang singkat dalam perut ibunya sehingga ketika lahir sangat kecil dan langsung merangkak ke kantong induknya, maka pemberian makan lewat susu induknya sampai tumbuh besar. Sebetulnya tupai terbang ( FS ) dan sugar glider hubungannya sangat jauh. Hanya karena kemiripan pada struktur tubuhnya yang samasama memiliki lembaran sayap dan mata yang besar. Cara hidup yang sama persis ini terjadi karena seleksi alam secara independen yang membuat dua hewan ini beradaptasi seperti melompat dari atas pohon dengan sayap nya dan mencari makan pada malam hari dengan matanya yang besar.

Makanan
Tupai terbang tidak ada makanan khusus namun para pencinta Flying Squirrel di Jepang menyarankan bahwa makanan utama mereka adalah 60% Makanan Burung Dara yang ditambah 40% Makanan Pellet, misalnya seperti Natural Pet Food (310558) Excel Pigeon Food 60% dan Marukan MR-65 Hamster Main Food 40%. Menurut mereka kedua contoh tersebut merupakan campuran terbaik sebagai makanan utama. Beri mereka makanan snack seperti Marukan MR-115, 116 Hamster Main Balance Food. Namun harus tetap hati-hati untuk tidak memberi makan berlebihan karena protein yang terlalu tinggi.

Kandang
      Sediakan kandang burung yang tinggi dan buatlah kandang senyaman mungkin dan dapat diperkirakan sesuai kebutuhan hidupnya. Sediakan sarang jika musim dingin pakai kotak sarang kayu, jika musim panas pakai sarang jerami tetapi mereka mudah membuat lubang dan anda harus sering menggantinya.Sarang plastik tidak disarankan karena masalah ventilasi. Flying Squirrels mempunyai beberapa sarang di alamnya jadi sediakanlah paling sedikit dua sarang di kandangnya. Tempat makanan tak memerlukan tempat khusus selama dapat digantung. Tempat air minum pakai marukan water bottle sangat cocok.
                Jika nasibnya baik, tupai-tupai terbang mampu bertahan hidup sampai usia 15 tahun. Di Indonesia, tupai-tupai terbang tersebar di hampir semua pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Tetapi tak pernah ditemukan di Papua.
Bahkan di Kalimantan, ada bajing terbang ada yang berukuran “raksasa” sampai 1,3 meter. Dialah tupai terbang merah raksasa (Petaurista petaurista) yang mampu meluncur dan melayang sejauh 450 meter di kegelapan malam! ins

JENIS TUPAI TERBANG YANG UMUM DIPELIHARA

RUSIAN FLYING SQUIRRELS

Nama latin = Pteromys Volans Orii
Ukuran = Badan:15-16cm Ekor:10-12cm
Berat =100-120g
Umur Dewasa =1 tahun
Jumlah anak =2-4
Musim kawin =Feb-May
Masa hamil = 40 hari
Makanan =Buah-buahan,Tunas, Bji-bijian, Sap, Bark, Serangga, Telur Burung, Jamur
Umur =Sekitar 4 tahun (sebagai hewan peliharaan 10 tahun)





SOUTHERN FLYING SQUIRRELS
Nama latin =Graucomys Volans
Ukuran B =adan 12.7-14cm Ekor:7.6-10cm
Berat = 56,8-85g
Umur dewasa =1-2 tahun
Jumlah anak =2-6
Musim kawin =Apr-May, Aug-Sep
Masa hamil =40 hari
Makanan = Kacang-kacangan, Bji-bijian, Buah-buahan, Tunas, Serangga, Telur Burung
Umur =kurang dari 10 tahun (sebagai hewan peliharaan 12 tahun)




NOTHERN FLYING SQUIRRELS
Nama latin =Graucomys Sabrinus
Badan dan Ekor =26-30.5cm
Berat =120-148g
Umur Dewas =a 1 tahun
Jumlah anak = 2-4
Musim kawin =Mar-Mei
Masa Hamil =37-42 hari
Makanan =Buah-buahan, Tunas, Bji-bijian, Sap, Bark, Serangga, Telur Burung, Jamur


perhatian juga ya jangan sambil memelihara kucing juga ya...nanti resikonya mati dimakan kucing..hehehe..
sumber :PeCintaHewanJinak