HATI - HATI CARA MENGANGKAT KELINCI BISA BERAKIBAT FATAL

HATI - HATI CARA  MENGANGKAT KELINCI BISA BERAKIBAT FATAL!!


                Bagi sebagian orang memelihara kelinci merupakan salah satu hobi yang menyenangkan, ini bisa menjadi salah satu obat stres yang manjur, ditambah dengan sifat kelinci yang tidak agresif dan lucu kalo lagi sedang makan.
               Namun tidak semua orang tahu cara memelihara si hewan pengerat ini tidak jarang orang orang yang awan kurang mengerti apa - apa saja yang harus di hindari ketika memelihara kelinci.
disamping kesehatan dari kelinci yang harus iperhatikan dimulai dari kebersihan kandang , makanan dan bila perlu vaksin agar kebugaran dan daya tahan tubuh si kelinci. namun ada 1 hal yang terkadang terabaikan yaitu cara mengangkat dan memindahkan kelinci, kita harus berhati - hati dengan cara mengangkat kelinci karena bisa berakibat fatal bila kita salah dalam cara mengangkat kelinci. 
hati hati mengangkat kelinci

nah, disini ada beberapa cara yang SALAH dalam mengangkat, memindahkan atau mengambil kelinci yang dapat berakibat fatal.

hati hati mengangkat kelinci bisa berakibat fatal
cara salah
  • Memegang kelinci dengan memegang kedua telinga kelinci.
 Hal tersebut sangat fatal, kenapa demikian? nah ini akan berakibat saraf pada telinga kelinci akan rusak, karena telinga kelinci tidak mampu menahan berat tubuhnya sehingga otot telinga kelinci akn rusak. ditambahlagi bila kelini meronta ronta ini bisa berakibat kepala kelinci bisa miring alias jadi cacat, kasihan kan?





hati hati mengangkat kelinci bisa berakibat fatal
cara salah
  • Memegang kelinci dengan memegang 2 kaki belakang
Hal ini bisa berpengaruh pada peredaran darah sikelinci, akibatnya darah yang menumpuk pada kepala kelinci dan posisi organ akan yang berubah yang sangat memungkinkan organ akan putus dan otot akan berubah, hal tersebut juga sangat memungkinkan kelinci anda menjadi cacat juga.





Berikut ini beberapa tips untuk mengangkat kelinci dengan benar, namun disesuaikan juga ya dilihat kelinci yang diangkat ukurannya, kondisinya juga

  1. Memegang pundak kelinci, seperti halnya orang memegang kucing dipundaknya, sebenarnya cara ini kurang begitu aman namun cara tersebut cukup cocok untuk kelinci dengan ukuran sedang, namun bila meronta ronta berarti kelinci merasa tidak nyaman maka gantilah dengan cara lain
  2. Memegang Tengkuk atau punggung kelinci, setelah terangkat pegang bagian pantat kelinci dengan tangan yang satunya lagi,hal ini sangat dianjurkan, kenapa ? karena dengan posisi tersebut kelinci akan merasa nyaman, terlebih dahulu jika bisa elus elus terlebih dahulu biar kelinci tidak merasa panik lalu bisa gunakan cara tersebut untuk mengangkat kelinci,

tips mengangkat dan menggenong kelinci
cara mengangkat kelinci
nah itulah cara yang menurut saya tepat dalam mengambil kelinci, ingat kelinci juga makhluk hidup yang menurut saya layak untuk diperlakukan dengan baik, mudah mudahan tips ini berguna untuk para pecinta kelinci yang masih pemula seperti saya..hehhe