Ciri Kelinci betina birahi siap kawin

Ciri Kelnci betina birahi siap kawin

Bagaimana kita mengetahui kalau induk betina siap dikawinkan. Hal ini yang sering ditanyakan banyak teman-teman ataupun peternak pemula yang memulai memelihara kelinci. Masa birahi betina muda kadang-kadang cukup lama, tetapi tidak mudah terlihat. Betina yang masih muda dapat coba dikawinkan pada usia 5,5 bulan. Kalau belum mau kawin , dicoba setiap 10 hari sampai usia 6,5 bulan.




Bagaimana tanda-tanda induk kelinci betina birahinya kelihatan :


  • Kelinci tampak gelisah
  • Berusaha bergabung pada kandang terdekat yang ada pejantannya
  • Suka menggosok-gosokkan dagunya pada sesuatu atau sesama betina
  • Vulvanya basah , berwarna merah jambu atau merah

Apabila vulva berwarna putih /pucat dipaksakan kawin maka perkawinan akan gagal, bahkan bisa berkelahi. Sebaiknya perkawinan ditunda 2-3 hari atau sampai ditunggu vulvanya berwarna merah.

Kelinci induk betina yang siap kawin apabila tidak dikawinkan,sel telurnya masih tetap subur sampai dengan 2 minggu kemudian. Setelah itu berangsur-angsur berkurang. Periode birahi tahap berikutnya terjadi saat sel telurnya kembali masak dan subur.

sel telur dapat dibuahi karena adanya rangangan pejantan sewaktu mengawini. Sel telur akan turun 10 jam kemudian sesudah kawin, sehingga siap dibuahi. Pengulangan sekitar 8 jamkemudian baik sekali hasilnya, karena pembuahan sel telur akan berlangsung sekitar 1-2 jam setelah ovulasi.
sumber :ammyrabbits.wordpress.com

0 Response to "Ciri Kelinci betina birahi siap kawin"

Post a Comment