Cara Merawat Kelinci agar Tidak gimbal

Cara Merawat Kelinci agar Tidak gimbal

Kelinci selain dari mukanya yang lucu, tingkahnya yang lucu, warnanya yang lucu juga bulunya yang lembut dan halus, biasanya untuk jenis kelinci hias yang berbulu gondrong sering kali kita mendapati bulunya yang kusut/ gimbal ditambah lagi kotor, apalagi untuk jenis kelinci hias. Kelinci jenis ini yang paling utama adalah bulunya, jadi sangat perlu diperhatikan dalam menjaga bulu-bulu kelinci supaya tetap halus, cantik dan indah.


Penyebab bulu kelinci jadi gimbal karena berasal dari air kencing kelinci tersebut, mengapa demikian kadang ke biasaan kelinci kencing di salah satu sudut kadang dan yang uniknya setiap kencing pasti tidak akan pindah-pindah. Kemudian yang jadi masalah adalah kelinci kadang suka tiduran si sembarang tempat dan biasanya tanpa di sadari tiduran di tempat kencing kelinci tersebut, sehingga bulunya jadi basah kemudian kering terus lama-kelaman akan menjadi gimbal. Kalau sudah gimbal pasti bulu akan menjadi jelek dan tidak menarik.


Cara Menghilangkan Gimbal Bulu Kelinci
Untuk mengatasinya dengan cara di potong bulunya yang gimbal menggunakan gunting, caranya bulu yang gimbal di potong, tetapi ingat jangan sampai kena kulit kelinci, karena biasanya bulu yang gimbal hampir sampe kulit. Selang berapa lama setelah dipotong bulu kelinci akan tumbuh lagi jadi lebih halus.

Cara Grooming atau Memandikan Kelinci
Berikut ini ada beberapa artikel tentang cara Grooming atau memandikan kelinci yang saya peroleh dari browsing sana sini..hehehe, ternyata kelinci juga bisa dimandikan juga lho  seperti kucing dan anjing, tetapi tetap perlu juga perlakuan yang khusus mengingat kelinci beda dengan kucing/ anjing .

Tujuan dilakukan Grooming atau memandikan yaitu menghilangkan bulu mati dan menyisirnya. Waktu yang diperlukan hanya butuh 45 -60 menit sampai dengan kelinci benar-benar kering dan wangi. Hal ini dilakukan untuk merawat rambut agar tidak gimbal (hair ball), terutama kelinci berambut panjang seperti Anggora, American Fuzzy Lop, Lion dll. Setelah dilakukan grooming rambut akan menjadi indah, sehat dan wangi.

Rambut yang panjang perlu dipotong. Bagi kelinci berambut panjang yang belum pernah dicukur, perlu dilakukan pemotongan total. Tak perlu gundul, sisakan 1-2 cm. Rambut akan tumbuh dengan bagus. Satu siklus pertumbuhan rambut kelinci 6-12 bulan. Pencukuran maksimal 2 kali dalam setahun.

Setelah rambut tumbuh bagus, pencukuran total tidak perlu lagi. Cukup rapikan bulu 2-3 bulan sekali. Pertumbuhan bulu cukup pesat apabila makanannya berkualitas. Pemotongan meliputi area mulut,kaki dan anus . Agar tidak menganggu waktu makan dan jalan. Juga tidak kotor waktu buang air besar dan kencing.

Beberapa peralatan mandi kelinci :

Dua buah bak mandi
Peralatan keramas
Shampo
Handuk bersih dan hair driyer
Sisir
Bedak
Cadangan air hangat
Cotton bud, baby oil dan gunting kuku
Cologne bayi
Kelinci dapat dimandikan apabila berumur  3 bulan atau lebih. Kalau belum cukup umur jangan dimadikan dulu, karena struktur tubuhnya belum sempurna. Kalau belum bisa mandi, coba dibiasakan mengenal air secara bertahap. Awalnya cukup dilap dengan air hangat. Setelah terbiasa dengan air, tenang dan suka , barus elanjutnya boleh dibasahi. Yang terpenting saat melakukan Grooming/mandi kondisi harus dipastikan kondisi sehat wal’afiat pastinya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan kelinci :
Jangan memaksa kelinci yang tak mau mandi
Sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi
Gunakan shampo bayi atau shampo kucing
Jangan merendam kelinci yang belum biasa mandi
Air jangan sampai masuk hidung atau telinga
Keringkan segera setelah mandi agar tidak masuk angin.

Tahap GROOMING atau MEMANDIKAN KELINCI

Untuk menjaga kebersihan Kelinci kesayangan kita, alangkah baiknya perlu dimandikan agar badannya bersih dan bebas dari penyakit kutu atau tungau. Dengan mandi dan grooming , bulu kelinci akan tumbuh dengan baik dan terawat.
Proses  grooming  dan pada kelinci sebagai berikut :

1. Sediakan air hangat
Siapkan dua bak air hangat, untuk mandi dan bilas. Bila pakai bak mandi untuk bayi atau ember plastik lebar. Kondisi air hangat-hangat kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci

2. Basahi Kelinci
Masukkan kelinci dalam bak mandi. Arahkan kelinci membelakangi Anda, agar tidak mencakar seandainya berontak. Usapkan air hangat dari belakang ke arah depan. Usap rambut agar air hangat meresap sampai ke kulit. Sebelumnya , tutup kuping kelinci dengan kapas agar tidak kemasukkan air.

3. Keramas dengan shampo
Angkat kelinci dari bak untuk dikeramas. Letakkan di ats perlak bayi, usapkan sampo merat ke seluruh tubuh. Boleh pakai sampo kiiten ( anak kucing ) atau sampo bayi . Agar merata samponya, pijit sampai kekulit tubuh, usap bagian yang mudah kotor dan susah dijangkau. Misalnya telapak kaki, sekitar anus dan daun telinga

4. Bilas sampai Bersih
Masukkan lagi kelinci dalam bak untuk dibilas. Guyur dengan air hangat pelan-pelan sembari mengusap rambut dan kulit dengan tangan. Pindahkan ke bak bilas yang sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang-ulang. Lakukan sampai sampo benar-benar bersih dari rambut dan kulit.

5. Angkat dan keringkan
Setelah bersih, angkat dari bak lalu titiskan rambut dengan handuk kering. Lalu rambut dikeringkan dengan hair drier sambil disisir. Semua bagian tubuh harus kering, termasuk bagian perut, lipatan kaki dan telinga.


6. Bersihkan telinga dan kuku
Lubang telinga perlu dibersihkan dengan cotton bud. Carnya, bashai cutton bud dengan baby oil, lalu bersihkan lubang telinga secara lembut dan hati-hati. rapikan kuku menggunakan gunting. Pemontongan bisa sebelum mandi

7. Taburi bedak
Potong rambut bagian tertentu, misalnya sekitar anus, agar tidak terkena pup dan pipisnya. Rapikan bagian kaki agar tidak menganggu gerak. Agar aromanya wangi, taburkan bedak bayi atau kitten. Bila perlu tambahkan dengan menyemprot baby cologne biar lebih wangi. Setelah semua beres , berikan makan untuknya. Usai mandi, nafsu makan kelinci luar biasa. Makannya sangat lahap.


Salah satu yang menjadi penilaian  dalam memilih kelinci adalah kebersihan dan kesehatan kelinci. Namun, seringkali kita hanya memperhatikan kesehatan kelinci dan kurang melihat pada kebersihannya. Kelinci yang memiliki kebersihan bulu dan tubuh tentu menjadi nilai tambah yang sangat besar. Kelinci yang bersih juga menjamin bahwa pemilik sangat menjaga dan memperhatikannya termasuk di dalamnya kesehatan kelinci. Hal ini, berlaku pula pada penghobi kelinci yang mengaku suka dan cinta dengan kelincinya. Semakin bersih dan rapi bulu kelinci miliknya, tentu semakin sehat pula kelincinya. Karena kebersihan adalah salah satu poin penting dalam mendeteksi kesehatan kelinci.

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa lingkungan bersih dapat menjamin kesehatan. Hal ini berlaku pada semua makhluk hidup dan tentunya manusia. Sebagai contoh manusia yang tinggal di tempat kumuh akan lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, disini akan membagikan tips mengenai cara-cara praktis untuk menjaga kebersihan bulu dan tubuh kelinci.

Tips Menjaga Kebersihan Kelinci

Pertama 
jangan pernah atau sekali-sekali meletakkan kelinci kesayangan kita pada lingkungan yang basah dan lembab. Perhatikan pula jika teman-teman gemar melepas kelinci di halaman, usahakan untuk tidak melepas kelinci disaat tanah/taman dalam keadaan basah (terutama usai hujan turun). Lingkungan yang basah dan lembab tidak baik untuk kelinci karena dapat menimbulkan berbagai penyakit dan juga dapat mengurangi kebersihan bulunya.

Kedua
rajin-rajinlah untuk menyisir bulu kelinci kesayangan anda. Semakin sering kita menyisir bulu kelinci kesayangan kita maka bulu-bulu mati kelinci akan terangkat dan dapat mencegah terjadinya gimbal dan rontok berlebih. Selain itu pula, tindakan menyisir ini juga sebagai cara untuk mencegah kelinci menggigiti kulit atau bulu (yang dapat menyebabkan gimbal) akibat rasa gatal yang disebabkan kotoran atau benda asing yang menempel. Usahakan sekali dalam sehari kita menyempatkan waktu sejenak untuk menyisir bulu kelinci kesayangan kita.

Ketiga
beri kelinci makanan yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin ini banyak dalam terdapat dalam berbagai sayuran dan terkandung pula pada pakan kering kelinci (Rabbit Pellet).

Keempat
Hindarkan kelinci pada tempat yang terlampau panas karena suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kelinci.

Kelima
terutama untuk kelinci yang berbulu panjang, sangat disarankan untuk menyediakan botol minuman khusus untuk kelinci agar saat minum bulu tidak ikut basah terkena air.

Keenam
jika kelinci anda saat ini dalam keadaan kotor dan susah untuk melakukan pembersihan, disarankan untuk membawa ke salon khusus kelinci agar mendapat penanganan lebih lanjut. Pastikan pula salon yang dikunjungi benar-benar ahli dalam meng-handle kelinci.


demikian beberapa cara merawat dan tips tips untuk merawat kelinci kesayangan anda, semoga bermanfaat
sumber :nay4rabbit.wordpress.com,dll